Rabu, 19 November 2014

Review : Dongeng Misterius dari Lima Benua






Judul Buku : Dongeng Misterius dari Lima Benua
Penulis        : Widya Ross
Penerbit      : Kiddo
Terbit          : Oktober 2014
Tebal           : 100 halm
Rating          : 4/5

Sinopsis Buku :

Nona Medusa sedih.  Rambut ularnya susah diatur!  Padahal dia, kan, ingin tampil cantik di pesata pelantikan sahabatnya.  Apa yang harus ia lakukan?

Frankenstein juga bersedih.  Ia hanya bisa keluar rumah pada malam hari.  Karena kata Dr. Victor penduduk desa membencinya.  Kalau ia keluar siang-siang, mereka akan mengusirnya!  Hmm....benarkah itu?

Sementara itu, di desa zombie di Afrika, ada anak kecil tersesat!  Zombie-zombie itu berjalan ke luar rumah mereka.  Tangan mereka terulur mendekati anak itu! Oh, tidak! Bagaimana nasib anak itu?

Dan, apakah menurutmu koala itu lucu?  Hmm...di Australia ada mahluk mitos berupa monster koala raksasa!  Koala itu suka melompat diam-diam dari atas pohon dan membahayakan manusia yang lewat di bawahnya! Aduh!

Di setiap benua di dunia ini pasti ada mahluk-mahluk misterius atau tempat-tempat mistis yang menjadi omongan orang. Buku dongeng ini mengajakmu berpetualang membaca cerita-cerita tentang mereka.  Sst...biarpun misterius, dongeng-dongeng di sini lucu-lucu dan mengandung pesan indah yang disampaikan penulisnya untuk kamu!  Selamat membaca!

Review : 

Pertama kali melihat postingan Widya Ross, penulis buku ini, di Facebook, Saya yang pada dasarnya memang penggemar buku-buku cerita misteri dan petualangan, langsung tertarik.  Covernya yang berwarna gelap dan berilustrasikan “penampakan-penampakan” seram dan aneh, membuat Saya penasaran.   Langsung saja Saya memesan  buku ini pada Widya, dan minta dituliskan “ untuk Kak Saskia & Adek Lucky” berttd. Penulisnya 

Kak Saski dan De Lucky, anak-anak Saya yang manis-manis itu, memang  tidak hanya menggemari cerita-cerita yang manis dan lucu saja, namun mereka berdua adalah penikmat cerita misteri dan petualangan, sama seperti Saya. Hihihi... Jadi, ketika pulang dari kantor dan melihat paket buku pesanan Saya yang sudah sampai, Saya langsung membuka paket dan taraaa....Saya pamerkan pada kedua anak Saya itu.  Reaksi mereka, senang bercampur penasaran.



Dan, mulailah Saya membaca dongeng itu bersama kedua anak Saya.  Ada 25 cerita dalam buku ini.  Setiap halamannya dilengkapi dengan ilustrasi memikat.  Saya memilih kebebasan pada Kak Saski dan De Lucky untuk memilih cerita yang ingin dibaca terlebih dahulu. Kak Saski sangat suka dengan cerita  berjudul Bu Troll dan Syal Biru, yang menceritakan tentang Bu Troll, seorang mahluk raksasa dalam cerita rakyat Skandinavia,  yang terpaksa harus masuk ke kota untuk mencari syal rajutannya yang diterbangkan angin. 

Lain Kak Saski, lain De Lucky.  Ada beberapa pilihan cerita yang disukai De Lucky, seperti Vampir di dapur istana, yang menceritakan tentang vampir kecil yang mengira puding strawberry adalah darah (hiii :D), dan cerita tentang Gigi hiu yang jadi mesin es serut.

Lalu cerita pilihan Saya?  Wah, Saya suka semua cerita dalam buku ini.  Namun, memang selalu ada yang paling disukai, bukan?  Nah, Saya memilih judul Pindah Ke Kota Hantu, menjadi cerita favorit Saya.  Saya suka dan kagum dengan ide penulisnya yang menceritakan tentang Flaugo yang masuk ke kota hantu setelah memenuhi syarat untuk menempati kota hantu adalah membayar sebanyak sejuta teriakan anak-anak.


Bagi Saya, buku karya Widya ini  sangat cocok untuk Saya yang senang mendongeng untuk anak namun mudah letih kalau harus membaca cerita yang panjang.  Cerita-cerita di buku ini tidak terlalu panjang,  dan “bahasa dongengnya” dapet.  Saya bisa berekspresi maksimal hehehee

Kesimpulannya, Saya dan anak-anak  terhibur dengan dongeng Misterius dari Lima Benua  yang penuh dengan ide-ide segar dan imajinatif  karya Widya Ross.  Good Job!




2 komentar:

  1. Balasan
    1. bagus, Mak...seruuuu.....asyiik loo buat dongengin anak2 :D, bikin anak2 nempeeeel makin deket ke Maknya hehee

      Hapus