Senin, 23 Juli 2012

Bikin Pempek Pistel ...yummieee

Hari puasa ke-2, sohib SMAku, Mutiara, kirim foto pempek pistel bikinannya. Oalaaa...ngilerrr bnget! Akhirnya aku minta resep dan pengen nyoba :)

Mulanya ragu, karena bingung cari pepaya muda, untuk isi pempeknya. Ibu yg kerja di rumah udah cari di kampung atas, tapi gak ada. Ya udah aku cari di tukang sayur, teteep gak ada. Akhirnya aku putusin ke city market dalam komplek aja.

Alhamdulillaah, setelah keliling2 dan teringat pesan Mutiara kalo biasanya di tempat penjual sayur asem suka jual pepaya muda juga, aku pun ketemu juga dengan mas2 penjual pepaya muda. Duh girangnya banget-banget deh ^_^

Nah, setelah nyampe rumah dan beres urusan lain, aku dengan bantuan Ibu dan ditemani Saski, Lucky dan Pegy (anak Ibu), mulai deh percobaan pertama membuat pempek pistel dimulai.

Wah....dengan penuh tepung dan sagu, aku sibuk membuka2 henpon hanya untuk melihat catatan resep dari mutiara. Mutiara sibuk juga bbm, nanya2 sukses ga pistel bikinanku.

Hihihi... awalnya bingung, karena sempat adonan lengket, padahal udah ngikuti instruksi mutiara dengan benar dan tepat. Hmmm... si Ibu bilang, mungkin kurang sagu. Aku pun ngerasa gitu, tapi sagu udah habis. Jadi deh, sambil aku terus ulen2i adonan yg lengket kayak lem, si ibu pergi lagi ke warung buat beli sagu.

Ternyata benar! Setelah adonan ditambahkan lagi sagu sedikit demi sedikit, adonan pempek pun siap dibentuk. Proses bikin bahan isinya gampang, parutan pepaya, ebi, garam ditumis udah siap dari tadi. Sekarang tinggal masuk2in bahan isi ke dalam kulitnya.

Saski ikut berperan serta dan senang sekali melihat hasil bikinannya. "Ih kaya rambut," kata Saski sambil ketawa saat melintir2 adonan pempek. Dari satu kilo sagu dan 1/2 kilo terigu, bisa dapet banyak pempek pistel.

Saatnya nunggu buka puasaaaaa dan makaan pempek pistel... yummieee... makasih ya, Mut, untuk resepnya ini....


^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar